Sebenarnya, Internet Marketing Itu Apa Sih?

Istilah internet marketing saat ini tampaknya sudah dipahami oleh mayoritas orang di seluruh dunia dan bahkan sudah dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara yang satu ini. Pemahaman tersebut umumnya berhubungan dengan pemasaran online entah itu untuk penjualan produk ataupun jasa. Faktanya, internet marketing tidak hanya seputar pemasaran via online saja, tetapi juga meliputi proses branding, dan juga menjaga komunikasi yang bagus dengan pihak pelanggan yang kesemuanya dilakukan secara online. Internet marketing yang bagus berpotensi untuk mendongkrak penjualan produk atau jasa yang ditawarkan. Semakin baik internet marketingnya, maka akan semakin besar pula kesempatan untuk mendapatkan profit yang lebih dari bisnis yang dikelola saat ini. Internet marketing faktanya tidak hanya bermanfaat untuk mempromosikan produk saja. Internet marketing bagi para marketer juga bisa jadi ladang penghasilan yang menggiurkan sebab tingginya animo masyarakat atas bisnis online saat ini. Lalu apa saja tipe bisnis internet marketing yang bisa menjadi referensi bagi Anda? simak ya!

  1.             Pay Per Click

Para pemilik website memanfaatkan program pay per click untuk mendapatkan penghasilan rutin dari situs yang dimilikinya. Penghasilan tersebut berasal dari klik yang dilakukan oleh para visitor terhadap iklan yang ada pada sitius yang dimilikinya. Pemilik website akan dibayar per satu klik iklan yang dipajang pada situsnya dengan harga sesuai ketentuan yang diberikan oleh pihak pengiklan. Besarnya penghasilan yang diperoleh berasal dari banyaknya klik dari para visitor dan juga harga yang ditentukan oleh pihak publisher. PPC ditawarkan oleh beberapa perusahaan besar seperti Kumpul Blogger, Bidvertiser, Google Adsense, Chitika, Sitti, ID blog network, Infolinks, KlikSaya, Adsense, dan masih banyak lagi.

  1.             Pay Per Lead

Pay per lead adalah komisi yang akan diperoleh dari pihak affiliasi ketika kita berhasil mengirimkan lead pada pihak vendor. Misalkan saja, kita berhasil mengarahkan pengguna untuk registrasi di formulir, free trial, ataupun news letter melalui link affiliasi yang kita miliki. MaxBounty adalah salah satu perusahaan PPL yang menawarkan program komisi affiliasi yang satu ini.

  1.             Pay Per Sale

Program PPS atau pay per sale adalah program penawaran komisi atas produk atau jasa yang terjual dari link affiliasi yang kita ikuti. Banyaknya barang yang dijual berbanding lurus dengan banyaknya komisi yang akan diperoleh serta besarnya komisi yang diperoleh dari pemilik barang yang dikomersilkan. Nama-mana perusahaan besar yang menerapkan program pay per sale adalah Amazon.com, Clickbank.com, dan masih banyak lagi yang lain.

  1.             Menjual produk kita sendiri ataupun produk orang lain

Pemasaran produk ataupun jasa secara online saat ini dirasa lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan distribusi secara offline. Internet marketing memiliki jangkauan konsumen yang lebih luas dan dirasa lebih praktis dan menguntungkan pihak pembeli. Anda bisa berjualan via online baik itu untuk menjual pada produk atau jasa sendiri maupun untuk menjual produk atau jasa yang dimiliki oleh orang lain. Saat ini telah banyak pihak yang memanfaatkan internet marketing untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara yang satu ini.

  1.             Online Auction atau melakukan pelelangan secara online

Internet marketing juga menyediakan situs khusus lelang yang bisa kita manfaatkan untuk menjual barang berharga yang kita miliki dengan harga jual yang paling tinggi tanpa perantara. Perusahaan yang bergerak dalam bidang internet marketing khusus untuk online auction adalah eBay.com, Flippa.com dan masih banyak lagi.

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment