3 Tantangan yang Dihadapi Jualan Online

Terdapat tantangan jualan online yang dihadapi dalam perkembangannya di Indonesia, jualan online memang masih asing di telinga sebagian orang. Jualan online adalah perdagangan elektronik dimana suatu kegiatan pertukaran melalui sistem elektronik. Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi besar dalam perkembangan e-commerce, namun perkembangan yang terjadi di lapangan tidak semulus yang dibayangkan. Pelaku bisnis di bidang ini banyak yang gulung tikar, padahal Indonesia merupakan salah satu negara yang tingkat pengguna internetnya sangat tinggi. Karena itu terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat perkembangan bisnis ini dan para pelakunya harus senantiasa update dengan tips jualan online yang senantiasa berkembang. Untuk tantangan-tantangan yang harus dihadapi adalah sebagai berikut.

  1. Tingkat penjualan online tidak sebanding dengan pengguna internet

Banyaknya pengguna internet belum menjamin tingkat penjualan jualan online tinggi pula. Indonesia berada di peringkat akhir dalam 5 negara Asia, walaupun demikian Indonesia ditargetkan pertumbuhan jualan online dapat tinggi 2 kali lipat dari sebelumnya. Hal ini dilihat dari prospek mulai bertumbuhnya pengguna internet pada bagian timur Indonesia dan juga perkembangan mobile commerce diharap dapat mendongkrak pertumbuhan bidang ini. Oleh karena itu, ada tips jualan online via website yang bisa diperhatikan, yakni website toko online kita sekarang harus lebih ramah untuk ponsel-ponsel pintar, yakni tampilannya ringkas dan to the point.

  1. Kalangan profesional yang mendominasi akses belanja online

Hal ini dibuktikan dengan tingginya trafik aktivitas belanja online pada waktu jam kantor beroperasi, dimana pada waktu sore akan mengalami peningkatan juga. Hal ini dikarenakan mereka yang bekerja kantor dapat dimudahkan karena tidak membuang waktu serta mudah dalam mengaksesnya dibadingkan saat di rumah. Sebab jika di rumah koneksinya lambat, sehingga tidak heran jika koneksi internet Indonesia mulai diperbaiki sedikit demi sedikit. Ini jadi tips dalam jualan online lain yang bisa diperhatikan, karena akses internet yang masih terbatas di beberapa tempat, maka jika memiliki website toko online sendiri, ada baiknya tidak memberikan terlalu banyak fitur yang dapat memberatkan akses pada website itu.

  1. Konsumen Indonesia yang lebih memilih cara konvensional

Walaupun saat ini sudah serba online, namun konsumen Indonesia lebih memilih cara berbelanja konvensional seperti grup BBM, forum, dan media sosial. Semua cara ini mempertemukan penjual dan pembeli. Hal ini dikarenakan tingkat kepercayaan konsumen di Indonesia masih rendah walaupun kejahatan penipuan tidak setinggi dulu. Karena itu kamu harus dapat menyusun strategi demi mendapatkan kepercayaan masyarakat. Serta memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak mudah tertipu dan dapat membedakan mana yang asli dan mana yang hanya menipu. Maka, tips untuk meningkatkan kepercayaan dalam jualan online adalah antara lain dengan memiliki website toko online tersendiri. Jadi tidak hanya berjualan lewat marketplace atau media sosial, melainkan seperti perusahaan-perusahaan yang sudah mapan, sangat penting tips jualan online ini untuk memiliki website tersendiri untuk usaha kita.

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment