Kelebihan dan Kekurangan Lampu Tenaga Surya

Lampu tenaga surya dapat menjadi alternatif pencahayaan di luar ruangan di rumah. Lampu surya di luar ruangan biasanya digunakan untuk lampu hias atau lampu taman. Banyak sekali yang menjual lampu taman tenaga surya yang memanfaatkan energi dari cahaya matahari. Sebelum anda membeli lampu taman tenaga surya, terlebih dahulu anda harus mengertahui cara kerja serta kelebihan dan kekurangan menggunakan lampu dengan memanfaatkan sinar dari cahaya matahari.

Cara Kerja Lampu Tenaga Surya

Lampu tenaga surya bekerja dengan memanfaatkan sel surya yang berda diatas lampu dengan menangkap sinar dari cahaya matahari dan kemudian diubah menjadi tenaga listrik. Tenaga listrik yang telah diterima di simpan dalam batrai isi ulang yang terdapat di dalam lampu yang berguna untuk menyalakan lampu di saat malam hari. Lampu tenaga surya pada lampu taman biasanya menggunakan sensor fotosel yang berfungsi untuk mengaktifkan atau menyalakan lampu secara otomatis pada malam hari.

Kelebihan menggunakan lampu tenaga surya khususnya lampu taman

  1. Tidak akan pernah habis

Kelebihan yang pertama yaitu sumber daya tidak akan pernah. Seperti yang sudah dijelaskan, sumber dari lampu tenaga surya yaitu sinar dari cahaya matahari. Sinar matahari tidak akan pernah habis dan ramah lingkungan karena tidak menghasil limbah atau polusi.

  1. Ramah Lingkungan

Lampu tenaga surya ramah lingkungan karena menggunakan energi surya tidak akan menghasilkan emisi karbon seperti yang dihasilkan bahan bakar minyak. Maka dari itu tenaga surya merupakan sumber daya yang paling alternatif dan ramah lingkungan.

  1. Instalasi mudah

Untuk instalasi atau pemasangannya tergolong mudah, anda hanya perlu menempatkan lampu taman tenaga surya di area terbuka atau tidak terhalang apapun agar lampu tenaga surya ini dapat menangkap sinar dari cahaya matahari. Selain itu juga tidak dibutuhkan kabel tambahan, sehingga lebih aman dan lebih rapi.

  1. Tahan lama

Komponen dari lampu tenaga surya tahan lama dan tidak mudah rusak.

  1. Hemat dan sedikit perawatan

Hemat karena untuk mendapat sinar matahari tidak dipungut biaya, hanya biaya pemasangan jika anda tidak bisa memasang sendiri dan biaya penggantian lampu jika sewaktu-waktu rusak. Akan tetapi pada dasarnya lampu tenaga surya awet dan tahan lama.

Kekurangan menggunakan lampu tenaga surya khususnya lampu taman

  1. Daya yang dihasilkan berkurang ketika mendung

Ketika mendung otomatis lampu tenaga surya tidak dapat menyerap sinar matahari karena tertutup awan atau mendung. Sehingga tidak dapat digunakan pada malam hari karena belum ada daya yang diterima oleh baterai di dalam lampu. Jadi lampu tenaga surya sangat bergantung pada cuaca yang ada.

  1. Posisi yang tepat

Karena perlunya akses pada sinar matahari langsung, tentu penempatan lampu taman tenaga surya perlu diperhatikan. Jangan sampai panel surya lampu tersebut terhalang pepohonan rimbun sehingga tidak mendapatkan akses sinar matahari sama sekali.

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment