3 Metode Belajar Internet Marketing

Belajar internet marketing dapat kamu cari ilmunya dimana saja. Apalagi di zaman serba teknologi saat ini kamu dapat belajar internet marketing lewat internet atau meminta kenalan mengajarinya. Belajar internet marketing tidak dapat kamu pandang sebelah mata, internet marketing sebenarnya gampang-gampang susah. Gampang bagi mereka yang cepat paham dan mempunyai referensi yang terpercaya serta mau berusaha. Dan susah untuk mereka yang tidak memiliki referensi maupun pengajar.  Internet marketing mulai dilirik semenjak internet terus berkembang, sebelum zaman sosial media seperti saat ini banyak pedagang maupun produsen lebih mengiklankan produknya lewat spanduk, baliho, atau yang memiliki kelebihan dana menggunakan televisi sebagai media. Tetapi saat sosial media mulai populer, banyak pedagang menggunakan jalur ini dalam memperkenalkan produknya. Akses yang tidak terbatas dan murah menjadi daya tarik tersendiri dalam pemasaran jalur internet. Apalagi saat ini telah berkembangnya selebgram sehingga memunculkan model pemasaran dengan sistem endorse yang tentunya dapat menambah pundi-pundi uang.

  1. Metode belajar sendiri atau otodidak

Metode belajar sendiri atau biasa dikenal dengan otodidak mungkin susah-susah gampang. Karena kurang berpengalaman dan menjadikan pengalaman sebagai guru. Dan banyak juga meragukan belajar secara otodidak karena tidak memiliki mentor yang berpengalaman. Tetapi tidak sedikit juga orang yang berhasil belajar internet marketing secara otodidak menjadi sukses. Niat yang kuat dan pantang menyerah harus kamu miliki jika ingin belajar secara otodidak. Belajar secara otodidak hanya bermodalkan membaca artikel, bergabung dengan grup belajar internet marketing atau bertanya kepada orang yang lebih berpengalaman. Walaupun begitu terdapat kelebihan tersendiri berlajar internet marketing jalur ini yaitu berpotensi mendapatkan inovasi, strategi baru atau trik terbaru hasil pengalaman dan ciptaan sendiri. Tetapi kekurangan pada metode ini adalah dapat membuat kamu lelah karena harus berpikir, mencari referensi, dan bingung. Sehingga terkadang rasa bosan dan ingin menyerah akan muncul, tetapi semua itu akan hilang jika mempunyai niat yang tulus dan kuat.

  1. Metode belajar melalui seminar

Banyaknya muncul orang-orang sukses lewat internet, membuat seringnya muncul acara seminar yang bertema internet marketing ataupun SEO. Lewat seminar kamu akan mendapatkan keterangan secara langsung. Tetapi kekurangan belajar lewat metode ini adalah waktunya yang sedikit. Biasanya seminar berdurasi 2 sampai 5 jam sehingga tidak semua seluk beluk internet marketing yang dikupas. Walaupun ada seminar yang lama waktunya tetapi tidak lebih dari satu hari. Dan juga kamu harus membayar sejumlah tiket yang harganya beragam, mulai dari pas di kantong hingga yang mahal. Tetapi keuntungannya kamu akan bertatap muka langsung dengan pematerinya dan memberikan kesempatan untuk tanya jawab. Dan beberapa seminar memberikan materi dalam bentuk softcopy sehingga kamu dapat mempelajarinya lebih lanjut di rumah.

  1. Metode belajar melalui les

Saat ini telah banyak muncul lembaga yang menyediakan les atau kursus dalam mempelajari internet marketing. Pendidikan non formal ini cukup efektif karena kamu akan bertemu langsung dengan mentornya sehingga dapat bertanya sepuasnya. Cara belajar yang bertahap membuat kamu lebih mengerti dibandingkan dengan acara seminar yang cuman 1 kali. Metode pembelajaran seperti sekolah dan materi yang telah dipersiapkan serta mempraktekannya secara langsung membuat kamu menjadi mahir, tetapi terkadang biaya yang ditetapkan dapat membuat kantung kamu bolong. Dan semua ini adalah metode dalam belajar internet marketing.

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment