Mengenal DAAD, Organisasi Penyelenggara Beasiswa Kuliah di Jerman

beasiswa s2 jermanBagi kamu yang sudah lama melirik peluang untuk melanjutkan kuliah di Jerman, tentunya nama DAAD sudah tidak lagi asing di telinga. DAAD atau Deutscher Akademischer Austausch Dienst adalah salah satu penyelenggara beasiswa s2 jerman yang juga menjadi favorit banyak mahasiswa Indonesia. Selain menyediakan beasiswa baik untuk program S2 maupun S3, DAAD juga menyediakan berbagai manfaat lainnya yang dapat dirasakan penerima beasiswa, seperti asuransi kesehatan dan kecelakaan. Untuk kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang organisasi itu sendiri.

Profil Singkat DAAD

Semenjak organisasi ini didirikan pada tahun 1925, total sudah ada lebih dari 1,9 juta kaum terpelajar yang menerima beasiswa DAAD, baik yang berasal dari Jerman maupun luar Jerman. DAAD merupakan sebuah asosiasi yang anggotanya harus terdaftar terlebih dahulu. Para anggotanya merupakan berbagai institusi dan tenaga pengajar pendidikan tingkat lanjut di Jerman.

Kantor pusat DAAD berlokasi di Jerman, namun organisasi ini memiliki 15 kantor cabang di seluruh dunia. Selain itu, DAAD juga memiliki sekitar 50 pusat informasi internasional yang juga tersebar di berbagai negara.

DAAD dan Penyelenggaraan Beasiswa

Beasiswa yang disediakan oleh organisasi ini juga membuka peluang bagi para kaum muda untuk mendapatkan pengalaman akademik serta penelitian di dunia internasional, baik di Jerman maupun di penjuru dunia. Para penerima beasiswa yang DAAD selenggarakan berasal dari luar negeri dan melanjutkan studi ke jenjang S2 atau S3. DAAD juga sebenarnya menyediakan beasiswa S1, namun program tersebut jumlahnya jauh lebih sedikit dan dibatasi hanya untuk murid berpredikat tinggi di sekolah Jerman.

Ada beberapa alasan mengapa program beasiswa s2 jerman yang DAAD tawarkan bagi para mahasiswa yang berasal dari luar negeri hanya terbatas untuk program S2 dan S3. Akan tetapi, secara umum, hal ini dikarenakan para calon mahasiswa pascasarjana sudah menyelesaikan gelar S1 mereka, sehingga sudah menunjukkan kemampuan mereka secara akademis. Dengan demikian, program beasiswa tersebut akan memberikan lebih banyak manfaat bagi mereka.

DAAD Indonesia

Di Indonesia sendiri, kamu bisa mengunjungi kantor regional DAAD yang berlokasi di Jakarta. Bagi yang tertarik untuk mengajukan aplikasi pendaftaran beasiswa DAAD, kamu bisa berkonsultasi tanpa harus membuat janji temu terlebih dahulu. Jam konsultasinya adalah setiap hari Kamis dari pukul 13.30 sampai 16.00.

Secara umum, proses pendaftaran beasiswa ini terhitung mudah selama kamu memenuhi syarat-syaratnya. Kamu juga bebas memilih universitas yang kamu kehendaki, pun dengan program studi yang kamu minati. Berkas-berkas pendaftaran juga dapat dikirim online, lho. Periode pendaftarannya sendiri biasanya tergantung pada universitas pilihanmu. Akan tetapi, batas akhir untuk periode pendaftaran bisa berlangsung sejak Agustus sampai Desember.

Bagi kamu yang sudah mantap ingin melanjutkan studi di Jerman dan mendaftar beasiswa dari DAAD, semoga berhasil, ya!

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment