Fungsi dan jenis Bisnis Berdasarkan Kepemilikannya

Bisnis yang sukses dan maju adalah yang memiliki managemen yang baik dan sesuai dengan kebutuhan. Bisnis merupakan suatu aktifitas yang dilakukan oleh per seorangan maupun kelompok untuk mencapai tujuan yaitu mendapatkan profit yang biasanya berupa uang. Dengan berbisnis ini, seseorang akan mendapatkan penghasilan dan bisa menjadi pendongkrak ekonomi. Bisnis berasal dari kata busy yang artinya sibuk, sementara business adalah kesibukan. Jadi, para pebisnis tentunya sibuk, tidak santai-santai agar bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Fungsi Bisnis

Tujuan dari bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Sementara fungsi dari bisnis ini sendiri terdiri dari empat macam, yaitu;

  1.             Fungsi produksi atau yang dikenal dengan Form Utility
  2.             Fungsi distribusi yang dikenal dengan Place Utility.
  3.             Fungsi penjualan yang dikenal dengan istilah Possessive Utility.
  4.             Fungsi pemasaran atau Time Utility.

Dari keempat fungsi tersebut, antara satu dan yang lainnya saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan karena semuanya saling mendukung. Dengan demikian, alangkah baiknya jika anda mendirikan bisnis sebaiknya tidak dilakukan sendirian. Setiap orang memiliki kemampuan dan bagian masing- masing. Terkadang seseorang menjadi kesulitan dan tidak maksimal jika semuanya dilakukan sendirian. Untuk itu, baiknya anda merekrut orang yang sudah terpercaya dan memiliki kemampuan bagus dalam hal ini.

Jenis- Jenis Bisnis

Bisnis juga beragam jenisnya. Menurut kepemilikannya, bisnis terdiri dari 4 jenis. Apa saja?

  1.             Perusahaan perseorangan

Perusahaan ini dimiliki oleh perseorangan saja. Semua hal terkait perusahaan ditanggung ole satu orang tersebut, baik dalam hal modal, pelaksanaan, dan semuanya.

  1.             Perusahaan persekutuan

Jenis kedua ini kebalikan dari jenis pertama. Perusahaan persekutuan dimiliki oleh lebih dari satu orang. Artinya perusahaan tersebut mulai dari pendiriannya, pelaksanaannya, dan kepemilikannya dimiliki bersama. Dalam hal ini, seseorang yang memilikinya minimal 2 orang.

  1.             Perusahaan perseroan

Jenis bisnis lainnya yaitu perusahaan perseroan. Jenis perusahaan ini sering disebut dengan corporation, artinya perusahaan tersebut adalah kepemilikan dewan direksi. Perusahaan jenis ini biasanya terdapat cirinya, yaitu bertuliskan PT. nama perusahaan.

  1.             Koperasi

Jenis yang terakhir yaitu koperasi. Koperasi adalah jenis badan usaha yang memiliki anggota dengan landasan prinsip ekonomi kerakyatan berasaskan kekeluargaan. Koperasi ini mungkin banyak anda jumpai di Indonesia, khususnya di sekitar anda.

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment