Mengenal apa itu Genteng Baja Ringan

Genteng adalah salah satu jenis penutup atap rumah yang paling umum digunakan di Indonesia, terlebih rumah-rumah yang terdapat di kota-kota besar. Genteng sebagai atap rumah berfungsi melindungi rumah dari panas dan hujan. Namun selain dilihat dari segi fungsionalnya, genteng juga memberikan nilai estetika terhadap bentuk rumah sendiri. Banyak arsitektur yang membuat desain rumah dengan bentuk atau warna genteng yang lebih bervariasi sebagai pemanis akhir pada desain bangunan yang dibuat. Sangat disayangkan jika pemilihan genteng yang kurang tepat membuat nuansa rumah yang ingin ditunjukkan menjadi tidak tersampaikan dengan baik.

Beberapa jenis genteng yang biasa kita jumpai diantaranya adalah genteng tanah liat (genteng kodok), genteng metal atau genteng dengan bahan logam, genteng aspal, genteng kaca, genteng keramik, genteng beton, genteng polycarbonate, genteng sirap, genteng asbes, dan genteng dari atap kain terpal. Jenis genteng tersebut memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda-beda tergantung pada aplikasi atap bangunan seperti apa yang diperlukan. Pemilihan jenis genteng yang akan digunakan dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah biaya atau budget yang tersedia. Tentu tanpa meninggalkan kualitas, setiap orang menginginkan genteng yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Maka pemilihan genteng baja ringan adalah salah satu pilihan yang tepat.

Genteng baja ringan umumnya memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih tebal dibanding genteng lain. Karena memiliki dimensi yang lebih besar maka waktu yang dibutuhkan untuk memasangnya pada atap rumah akan menjadi lebih cepat. Disisi lain dengan ukuran yang lebih besar dan dapat menutup area yang lebih luas ini berarti penggunaan material genteng jenis baja ringan menjadi lebih sedikit dibanding jenis genteng yang lain. Sehingga biaya yang dikeluarkan akan lebih sedikit. Dengan bahan baja tentu genteng tidak mudah berkarat, anti lumut, tahan terhadap panas dan tidak mudah terbakar.

Penggunaan genteng baja ringan lebih banyak diminati oleh para pengembang karena tidak mudah rusak terutama ketika harus dikirim melalui jalur darat dengan medan yang tidak rata. Merek yang populer salah satunya adalah genteng metal Multiroof. Sehingga saat proses handling saat transport pun relatif lebih mudah dan murah. Karena tidak memiliki tekstur yang kokoh, genteng jenis baja ringan ini akan membantu jika di kemudian hari perlu dilakukan suatu pengerjaan di atas atap rumah, seperti membetulkan antena televisi, memasang anti petir, memasang parabola, dan masih banyak lagi. Dari sisi keamanan juga, genteng baja ringan memiliki keunggulan tersendiri, yakni ketika terjadi gempa, rumah yang menggunakan genteng baja ringan relatif mengalami kerusakan yang sedikit dibanding rumah yang menggunakan genteng lain. Hal ini karena beratnya yang ringan sehingga material yang berada dibawah atap tidak tertimpa beban yang berat.

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment