Mesin Pencuci Piring untuk Restoran

Bagian- bagian mesin pencuci piring

Mesin pencuci piring atau dish washer memiliki beberapa bagian dengan banyak fungsinya, berikut bagian serta kegunaannya

  1. Bagian kontrol

Bagian control ini terletak pada bagian belakang. Pada bagian inilah timer dapat ditentukan. Jadi Anda dapat menentukan berapa siklus mencuci piring yang sesuai keinginan Anda. Pada bagian ini juga fungsi otomatis bekerja seperti masuknya deterjen untuk mencuci peralatan dapur dan fungsi pengering. Untuk beberapa jenis mesin dish washer, ada yang memiliki alat control yang mampu dikomputerisasi, tentu harganya akan lebih mahal dari alat mesin lainnya.

  1. Katup masuk

Pada bagian inilah masuknya air yang selanjutnya akan masuk ke dalam mesin pencuci piring.

  1. Pompa

Yang menggerakan bagian ini adalah motor listrik. Bagian inilah yang menjalankan fungsi masuknya air dan pengeluaran air  ke selang pembuangan. Biasanya rakitan pompa ini diletakkan di tengah mesin cuci piring Anda. Pompa memiliki dua jenis yakni reversible dan direct-drive motor. Perbedaaan diantara keduanya terletak pada posisi pemasangannya dan  aliran pembuangannya. Untuk reversible pompa, pompa jenis ini berjalan dua arah yakni memompa air ke semprotan lalu memompa air ke saluran pembuangan dengan membalik arah motor; dan posisinya adalah vertical, sedangkan direct- drive motor ini hanya ebrjalans atu arah dan tidak ada arah balik. Dan posisi pemasakannya hanya secara horizontal.

Informasi penting bagi Anda, mesin dish washer ini bisa dipasang secara permanen maupun tidak, jadi jika Anda mau yang tidak permanen, maka Anda hanya perlu memilih unit portable saja .

Jenis dish washer komersial

  1. Undercounter commercial

Jenis dish washer ini cocok untuk rumah makan karena ada banyak ruang untuk piring, sehingga banyak muatan untuk piring yang akan dicuci. Manfaat dari jenis ini adalah mesin ini tidak mengambil banyak ruang alat dapur yang lain dan sangat terjangkau harganya

  1. Glass washers

Jenis ini juga cocok untuk di kedai kopi dan bar karena memasukkan banyak gelas di dalam rak mesinnya. Hal ini dikarenakan gelas cenderung lebih rapuh dibandingkan alat dapur lainnya, sehingga jenis mesin ini sangat cocok untuk mencegah rusaknya gelas.

  1. Door type commercial

Jenis ini sangat berguna untuk Anda yang memerlukan kecepatan dan kapasitas yang banyak ketika mencuci. Biasanya jenis ini sering digunakan pada restoran besar yang memerlukan banyak piring untuk dicuci dengan cepat.

  1. Conveyor type commercial

Sama seperti mesin jenis coor type commercial, jenis ini merupakan jenis dengan spesifikasi tertinggi untuk sebuah mesin cuci. Tentunya harganya sesuai dengan kualitasnya.  Biasanya yang menggunakan alat jenis adalah rumah sakit atau bahkan hotel bintang lima. Spesifikasi yang ditawarkan sangat cocok untuk sebuah tempat dengan pelanggan yang banyak.

Demikianlah beberapa jenis pencuci piring. pilihlah jenis yang sesuai dengan yang Anda butuhkan. Untuk contoh merek dish washer antara lain adalah dishwasher Hobart.

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment