Cara Menentukan Bahan Pembuatan Rangka Atap Baja Ringan

Material rangka galvanisgalvalum, dan zincalum direkomendasikan untuk bangunan anda. Tapi manakah yang cocok untuk anda pilih?

Antara material galvanis, galvalum, dan zincalum, sebagian besar masyarakat kesulitan mengambil keputusan. Segala bahan pertimbangan dan alasannya tak lepas dari faktor kualitas serta harga masing-masing material itu.

Rangka Galvanis, Galvalum, dan Zincalum

Pembuatan rangka atap bisa menggunakan salah satu dari tiga pilihan ini. Rangka galvanis memiliki kandungan zenc yang dominan. Kemampuannya berasal dari sifat zenc yang keras sehingga sangat mantap untuk rangka atap yang kokoh.

Rangka dari material galvalum banyak digunakan bagi yang ingin menghemat pembiayaan. Di Indonesia lumayan banyak beredar apalagi dari produk-produk impor dari sejumlah negara Asia. Ketebalan lapisan anti karat dari material galvalum juga sangat beragam. Kadang ada yang lumayan tebal namun tak jarang lebih sering dijumpai yang tipis.

Sementara itu, zincalum merupakan bahan baja ringan yang dilapisi dari perpaduan material alumunium, zenc, dan silikon. Lapisannya yang tebal menjamin perlindungan bahan baja ringan dalam durasi yang cukup panjang. Material ini pun mampu bertahan dalam segala jenis kondisi cuaca, serta sangat ringan dibandingkan material galvanis.

Kriteria Menentukan Rangka Baja Ringan

Tidak begitu susah menentukan pilihan rangka baja ringan dari masing-masing 3 pilihan di atas. Apalagi jika sudah ada persiapan anggaran yang jelas. Namun masalahnya mungkin akan timbul ketika harus menentukan prioritas kualitas atau daya tahan dari masing-masing pilihan material baja ringan itu.

Masing-masing jenis lapisan karat yang digunakan dari tiap rangka baja ringan punya standar yang diberlakukan. Standar itu adalah ukuran berdasarkan persentase bahan lapisan. Indikatornya adalah ketebalan dari masing-masing material baja ringan tersebut.

Di samping itu, masih ada faktor lain seperti rancangan desain atap dan proses pengerjaannya. Sebagus apapun kualitas dari baja ringan yang dipakai, kalau tidak didesain dan dikerjakan secara optimal hasilnya bisa mengecewakan.

Oleh karena itu, disarankan berkonsultasi dulu pada pihak yang akan menggarap proses pemasangan rangka atap dari baja ringan. Semua hal bisa dikondisikan termasuk pembiayaan serta tipe baja ringan yang akan dipakai.

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment