Tips Memilih Peralatan Masak Horeca

Saat ini kita semakin banyak menemui banyak bisnis bergerak di bidang industri kuliner dibuka seiring dengan perkembangan gaya hidup masyarakat modern. Baik itu dalam bentuk hospitality seperti hotel, maupun food service seperti restoran dan katering. Perkembangan ini tentunya tak lepas dari peranan para pelaku usaha yang jeli melihat permintaan pasar. Semakin banyak orang yang terjun ke industri kuliner ini tentunya persaingan antar pelaku usaha semakin ketat dan sehat.

Para pelaku usaha berlomba-lomba menciptakan konsep bisnis kuliner yang beda daripada yang lain, serta meningkatkan mutu dan pelayanan yang diberikan. Untuk menunjang perkembangan bisnisnya tentunya salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan produk dan supplier peralatan masak horeca yang digunakan. Peralatan masak horeca merupakan peralatan memasak seperti yang digunakan di dapur rumah tangga, namun biasanya dilengkapi dengan berbagai fitur otomasi sehingga dapat menghasilkan hasil masakan yang berkualitas dengan konsistensi yang terjaga.

Sehingga peralatan masak horeca sangat cocok digunakan di banyak bisnis yang profesional seperti industri horeca ataupun menjadi supplier alat masak horeca. Beberapa pertimbangan yang dapat digunakan untuk memilih peralatan tersebut diantaranya :

  • Menentukan fungsi utama dari dapur yang digunakan. Hal ini dapat dilihat dari jenis makanan atau minuman yang akan dibuat. Seperti jika akan membuat restoran sushi, tentu idealnya dapur akan dilengkapi dengan meja besar untuk menyusun sushi, bukannya membeli kompor dengan ukuran besar sehingga memakan tempat untuk penyajian sushi
  • Perhatikan lokasi penempatan peralatan masak, seperti memperhatikan posisi kompor dengan jendela. Idealnya kompor akan ditempatkan pada posisi yang sejajar dengan jendela, tujuannya untuk menghindari pemanasan berlebih dari kompor tersebut. Dengan adanya jendela panas berlebih yang mungkin muncul dari kompor dapat dihindari.
  • Pertimbangkan daya listrik yang dibutuhkan dan daya listrik yang tersedia. Jangan sampai pemilihan peralatan memasak yang digunakan kurang tepat, sehingga peralatan tidak dapat berfungsi dengan baik atau bahkan cepat rusak jika digunakan dalam jangka panjang
  • Perhatikan perawatan pada peralatan yang digunakan, beberapa supplier memberikan jasa after service secara cuma-cuma, sehingga penting untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya ketika membeli sebuah peralatan masak horeca terutama dari supplier peralatan masak horeca.
Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment