Kelebihan dari penggunaan genteng Atap spandek

Genteng adalah salah satu bahan yang digunakan untuk menutup atap rumah. Bahan genteng sendiri bermacam-macam seperti genteng tanah liat, genteng baja ringan, genteng kaca, genteng aspal, genteng keramik dan genteng spandek. Jenis genteng yang banyak digunakan adalah jenis genteng tanah liat. Karena terbuat dari tanah liat dengan proses pembuatan yang sederhana, yakni pencetakan tanah liat dan pemanasan dalam tungku konvensional hal ini membuat harga genteng tanah liat relatif lebih murah dibandingkan genteng lain.

Hanya jenis genteng tanah liat ini mudah sekali mengalami retak jika tertimpa beban yang berat seperti adanya aktivitas pemasangan antena yang mengharuskan orang menginjak genteng untuk memasangnya di atap, atau jika ada buah-buahan dengan ukuran yang relatif besar seperti mangga, nangka, durian yang jatuh menimpa genteng tanah liat. Selain itu genteng tanah liat memiliki bobot yang berat, sehingga sangat berbahaya jika terjadi pondasi bangunan tidak bangun dengan kuat untuk menopang atap rumah.

Untuk itu banyak orang mulai melirik genteng spandek atap sebagai alternatifnya, walaupun memiliki harga yang relatif lebih mahal dibanding genteng tanah liat, genteng spandek masih memiliki harga yang lebih murah dibanding genteng jenis lain. Genteng spandek adalah jenis genteng yang dibuat dari pencampuran bahan kimia dengan urutan terbesar ke terkecil adalah aluminium sekitar 55%, seng sebanyak 43% dan sisanya adalah silikon sebesar 2%.

Beberapa kelebihan genteng spandek atap yang lain diantaranya:

  1. Mudah dibentuk: karena terbuat dari bahan-bahan kimia, genteng spandek adalah salah satu dari sekian jenis genteng yang mudah dibentuk. Hal ini menjadi pertimbangan para pengembang dan para pekerja konstruksi bangunan karena pengerjaan pemasangan genteng akan lebih cepat selesai.
  2. Memiliki bobot yang ringan: dibandingkan jenis genteng tanah liat, genteng spandek atap memiliki bobot yang lebih ringan, sehingga mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Hal ini dapat menghemat biaya angkut dan tenaga kerja karena penangannya di lapangan lebih mudah. Selain itu bobot yang ringan juga berpotensi menghindarkan penghuni rumah dari atap ambruk karena pondasi rumah yang kurang kuat.
  3. Memiliki tekstur yang kokoh: bahan aluminium dan seng yang digunakan adalah jenis logam yang tidak mudah patah dan memiliki sifat tahan terhadap korosi. Hal ini membuat genteng spandek dikenal memiliki tekstur yang kokoh terutama ketika menghadapi perubahan cuaca yang ekstrim seperti panah terik hingga hujan badai.
  4. Mudah diwarnai sesuai selera: sifat aluminium dan seng adalah jenis bahan yang mudah meresapkan warna. Sehingga selain mudah diberi warna dengan cat genteng, jenis cat genteng juga mampu mempertahankan warna genteng tetap cerah selama dirawat dengan baik.
  5. Perawatannya mudah: genteng spandek atap dibuat dari bahan-bahan kimia berkualitas yang tahan terhadap perubahan cuaca. Sehingga jenis genteng spandek tidak mudah berjamur dan ditumbuhi lumut, hal ini membuat proses perawatan terhadap genteng spandek menjadi lebih mudah dibandingkan genteng-genteng yang lain.
Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment